Memaknai Kemerdekaan di Masa Pandemi

 


Wates, Media Pelajar Wates.

    Tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda dari sebelumnya. Tahun ini seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19. Banyak negara yang mengalami dampak yang sangat merugikan, begitupun Indonesia. Dampak yang sangat dirasakan antara lain dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Dampak tersebut masih berlangsung hingga saat ini dan masih belum diketahui kapan akan berakhir.

    Agustus tahun ini, bulan yang seharusnya meriah karena perayaan kemerdekaan, kini terasa berbeda dikarenakan masyarakat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Hal itu sangat berimbas pada acara-acara yang biasanya dilakukan untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan keadaan seperti ini, semua acara atau kegiatan harus ditiadakan demi kesehatan bersama. Oleh karena itu, masyarakat harus sadar dan paham bahwa perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tidak harus dilakukan dengan kegiatan yang banyak mengundang massa.

    Adanya pandemi ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih kreatif. Masyarakat mulai berinovasi menciptakan alternatif lain untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat sadar bahwa kemerdekaan tidak hanya ditunjukkan dengan acara-acara yang meriah. Lalu, bagaimana cara merayakan kemerdekaan apa lagi di masa seperti sekarang ini ?

    Pada dasarnya arti dari sebuah kemerdekaan itu bersifat luas, tidak hanya bebas dari belenggu penjajahan negara lain. Kemerdekaan bisa diartikan sebagai kebebasan dari kesenjangan sosial maupun ekonomi. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa sepatutnya mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang dapat memperbaiki kesenjangan yang terjadi di masyarakat.

    Salah satu contoh perilaku yang dapat kita lakukan yaitu dengan memelopori kegiatan bakti sosial untuk menggalang dana yang dapat kita gunakan untuk membantu masyarakat yang lebih membutuhkan khususnya pada saat pandemi seperti ini. Pada saat pandemi seperti ini banyak sekali masyarakat yang memerlukan bantuan, khusususnya masyarakat menengah ke bawah. Dikarenakan lockdown yang berkepanjangan pemasukan mereka menjadi sangat rentan. Ketika mereka tidak bekerja, maka pendapatan mereka juga tidak ada. Oleh sebab itu mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari para relawan.  

    Saling berbagi adalah salah satu yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan di tengah pandemi. Membantu berarti juga memperbaiki kesenjangan yang terjadi di tengah masyarakat kita saat ini. Memberikan arti sebuah kemerdekaan bagi masyarakat kurang mampu dalam bidang ekonomi.

    Pada dasarnya kemerdekaan merupakan kesamaan hak untuk hidup yang lebih layak. Artinya, kesejahteraan masyarakat kecil harus diperhatikan. Jangan ada perbedaan antara yang miskin dengan yang kaya karena mereka semua sama- sama menuntut hak hidup yang layak.

     Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa kemerdekaan dapat diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Mengajarkan sikap ikhlas, rela berkorban, tolong menolong, dan peduli pada sesama. Kemerdekaan bermakna banyak hal, tidak hanya dengan membuat acara atau pesta yang meriah. Perbuatan yang sederhana dapat juga mewakilkan arti dari sebuah kemerdekaan itu sendiri.

Penulis: Luluk Widiyasari

Editor: Dhimas Aura Bhagastama

Komentar